FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN
DALAM MEMBELI PRODUK XXXXXXXX
DI
XXXXXXX,
YOGYAKARTA
A. Latar Belakang
Peningkatan persaingan saat ini
menyebabkan setiap perusahaan dituntut untuk selalu menghasilkan produk (baik
berupa barang dan atau jasa) yang berkualitas, dimana berkualitas atau tidaknya
suatu produk ditentukan konsumen. Dengan demikian produk yang berkualitas
adalah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, bahkan jika perlu
melebihi dari apa yang diharapkan dari konsumen, juga melebihi dari produk
pesaing yang sejenis. Pada dasarnya, tujuan dari bisnis adalah untuk
menciptakan dan mempertahankan konsumen agar tetap loyal pada produk
perusahaan. Jika konsumen merasa bahwa produk yang dipakainya berkualitas,
diharapkan konsumen tersebut akan semakin loyal atau setia kepada produk
tersebut.
Kualitas, kepuasan dan loyalitas
mempunyai hubungan yang sangat erat. Jika konsumen merasa produk yang dibelinya
berkualitas, tentu konsumen tersebut merasa puas, dan bila konsumen puas, maka
akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada produk tersebut yang secara tidak
langsung loyal kepada perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen
dengan cara memaksimumkan pengalaman konsumen yang bersifat menyenangkan, dan
meninimumkan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi konsumen.
Parasuraman,et al., (dalam
Tjiptono, 1997: 26) mengidentifikasi lima karakteristik yang digunakan konsumen
dalam menganalisis kualitas jasa, yaitu: (1) bukti langsung (tangibles)
yang meliputi fasilitas fisik, perlengkapan pegawai dan sarana informasi dan
komunikasi; (2) kehandalan (reliability), yaitu kemampuan memberikan
pelayanan yang diinginkan dengan segera dan memuaskan; (3) daya tanggap (responsiveness),
yaitu keinginan karyawan perusahaan dalam usaha membantu konsumen dan
memberikan pelayanan dengan tanggap; (4) jaminan (assurance) yang
mencakup kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki para
karyawan dalam melayani kebutuhan konsumen; (5) empati (emphaty),
merupakan upaya dalam memahami keinginan konsumen dengan memberikan perhatian
secara tulus.
Bisnis minuman isotonik pada akhir-akhir
ini semakin meningkat persaingannya. Di Indonesia, sekarang terdapat lebih dari
10 merek minuman isotonik, antara lain, xxxxxx, xxxxxx, xxxxxx dan sebagainya. Hal ini juga dipicu oleh
aktivitas masyarakat yang semakin dinamis, dan cuaca yang panas, khususnya
karena Indonesia berada di daerah tropis
Dengan semakin meningkatnya jumlah minuman
isotonik, maka persaingan antar merek minuman isotonik menjadi sangat
kompetitif. Karena itulah, maka manajemen minuman isotonik xxxxxxxxxxx dituntut untuk selalu mengetahui dan memahami perubahan sikap dan selera
konsumen, sehingga mereka menetapkan strategi pemasaran yang dapat memuaskan
keinginan dan kebutuhan konsumen, dan juga selalu berusaha meningkatkan
kualitas produk untuk dapat diterima masyarakat secara luas dan harus terus
menerus.
Berdasar
latar belakang di atas, maka peneliti untuk memilih topik penelitian tahap ini
dengan judul : “Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk xxxxxxxxx di xxxxxx Kota Yogyakarta ”.
Selengkapnya Download Disini
Selengkapnya Download Disini